TERNYATA PELUKAN ADA MANFAATNYA LOH BAGI KESEHATAN

Saat sedang sedih atau senang, tak sedikit orang biasanya berpelukan satu sama lain. Selain sebagai tanda kasih sayang, pelukan juga bisa memberi sinyal kenyamanan dan memberi kehangatan yang berbeda. Gak hanya itu saja, ternyata berpelukan pun memiliki banyak manfaatnya untuk kesahatan. So jangan berpikir bahwa berpelukan cuma karena merasa dicintai aja ya, karena banyak banget manfaat lainnya. Penasaran apa aja?

MANFAAT PELUKAN

1.Menurunkan tekanan darah

Manfat berpelukan itu gak cuma untuk perasaan secara emosional saja, tapi bisa juga menurunkan tekanan darah loh. Kok bisa? Karena sentuhan kulit dapat mengaktifkan reseptor yaitu pacinan corpuscles, dimana tekanan tersebut akan mengirim sinyak kepada vagus, sehingga bagian otak akan merespon untuk menurunkan tekanan darah.

2.Menghilangkan ketakutan

Pastinya kamu pernah merasa takut sehingga ketika ada yang memelukmu rasa takut itu bisa hilang seketika dan perasaan jadi lebih tenang? Karena memang sentuhan saat pelukan bisa membantu kekhawatiran pada seseorang. Tak hanya itu saja, dengan berpelukan juga membuat seseorang bisa mengerti dan paham masalah yang sedang kamu hadapi, seperti rasanya plong secara tiba-tiba jika sedang ada masalah, so kamu jangan pernah berpikir kalau kamu sendiri.

3.Memberikan rasa yang lebih biak untuk diri sendiri dan orang lain

Sebuah studi mengatakan bahwa jika kita berpelukan oleh seseorang atau dipeluk maka zat oksitosin akan bekerja, dimana zat itu bisa menyimpan kepercayaan, ikatan dan mungkin susah untuk dilepaskan. Dengan begitu akan timbul rasa nyaman dan membuat merasa lebih hangat. Bahkan saat seseorang mengalami hipotermia pun, mereka harus di peluk dengan erat agar suhu badannya bisa setara dan menjadi hangat.

4.Sangat banyak manfaat berpelukan bagi orang dewasa.

Semakin bertambahnya umur seseorang, sentuhan fisik dan berpelukan itu sangat penting. Karena jiwa dan raganya akan selalu turun setiap tahunnya, makanya pelukan menjadi hal yang diperlukan. Selain itu dengan berpelukan pun bisa menghilangkan stress dan beberapa penyakit lainnya, jika merasa kesepian pun bisa dibantu dengan pelukan karena itu akan membuat orang tersebut merasa di perhatikan.

5.Memberi kedamaian hati

Sebuah studi dari Universitas Carolina menyebutkan bahwa jika sedang berpelukan, jantung akan berdenyut hingga 10 denyut per menit ketimbang yang gak berpelukan. Masalah sebesar apapun kalau diberi pelukan pasti memberikan hati yang lebih sedikit lega, walaupun masalah tersebut belum selesai. Setidaknya dengan berpelukan akan menurunkan beban pikiran dan membuat hati menjadi lebih tenang.

6.Menghilangkan stress

Saat seseorang sedang memiliki beban hidup yang besar, biasanya mereka hanya butuh untuk di dengar dan mungkin butuh pelukan dari seseorang. Karena dengan berpelukan bisa mengurangi horomon kortisol yang ada pada tubuh, hormone tersebut lah yang bisa mengontrol stress seseorang. Dengan berpelukan juga bisa meminimalisir ketegangan yang bisa langsung dikirimkan ke otak.

7.Bayi yang sering dipeluk akan terbebas dari stress saat dewasa

Gak ada salahnya jika kita sering memeluk anak bayi, karena dengan begitu saat bayi tersebut sudah dewasa katanya bisa terhindar dari stress. Ada penelitian yang mengatakan bahwa dengan memeluk atau berpelukan dapat menghilangkan stress pada aspek kehidupan.

Itulah 7 manfaat yang baik bagi kesehataan saat berpelukan. Orang akan merasa diperhatikan, disayang, dicintai, dilindungi saat dipeluk. Juga bisa membuat orang merasa lebih nyaman dan aman saat ada hal-hal buruk yang terjadi.

KEBIASAAN SEPELE YANG BURUK UNTUK KESEHATAN

Ginjal salah satu organ yang penting dalam tubuh. Selain untuk mendetoksifikasi organ internal, ginjal juga bisa berperan untuk membantu memproduksi sel darah merah, selain tu bisa mengatur tekanan darah, dan berfungsi untuk membuang kelebihan cairan untuk mengontrol level segala macam mineral yang ada di dalam darah.

Kemudian ginjal juga berfungsi untuk mengandlikan keasaman di dalam tubuh. Karena ginjal terdapat dua bagian, kalau ginjalmu hanya berfungsi satu itu sangat bahaya sekali bahkan bisa mengancam hidupmu. Makanya kita harus peka untuk menjaga tubuh agar serlalu sehat dan semuanya masih bisa berfungsi dengan baik. Juga kamu pun harus menghindari aktivitas buruk yang berpotensi untuk mengancam kesahatan tubuh terutama ginjal.

Lalu apa saja sih hal sepele namun bisa berakibat buruk? simak dulu yuk!

Menahan pipis

Sepertinya ini hal sepele yang biasa orang banyak lakukan dengan alasan tidak bisa pipis di sembarang tempat. Namun ketika kamu menahan pipis dalam waktu yang lama, pipismu akan berada di kandung kemih dan bisa memancing pertumbuhan bakteri. Kalau hal ini menjadi kebiasaan, cepatlah ubah kebiasaan tersebut karena bisa membuat batu ginjal.

Duduk dalam waktu yang lama

Duduk yang lama hingga 8 jam sehari tanpa ada pergerakan atau berdiri sangat berisiko terhadap penyakit ginjal. Lagian duduku terlalu lama pun pasti akan terasa lelah walaupun kamu ga ngapa-ngapain. Makanya lebih baik sesekali untuk stretching ketika memang sudah terasa tidak enak.

Konsumsi banyak obat

Walaupun obat bisa mengobati beberapa penyakit dan sebagai anti inflamasi, namun kalau penggunaan ini dilakukan secara terus menerus akan memicu gagal ginjal.

Kurang minum air

Selain untuk tubuh kita tetap terhidrasi, dengan banyak minum pun akan meningkatkan kesehatan ginjal. Berbeda halnya dengan jarang minum air putih, urin yang keluar pun terlihat lebih gelap.

Olahraga yang berlebihan

Kamu pasti tau kemampuan dan intensitas dalam berolahraga sebesar apa, namun ketika sudah terlalu nyaman kamu pun ga akan sadar kalau hal itu sudah berlebihan. Hal ini akan menyebabkan rhabdomyolysis dimana kondisi otot akan terlalu dan serat yang mati bisa masuk ke aliran darah. Hal inipun bisa menyebabkan gagal ginjal dan komplikasi.

Sering begadang

Mulai sekarang coba kamu perbaiki pola tidur jangan begadang tiap hari apalagi tidur ketika waktu subuh. Karena jadwal bangun dan tidur punya bagian dalam fungsi ginjal. Ketika kurang tidur akan menyebabkan atherosclerosis atau penyumbatan arteri dan bisa berakibat peningkatan tekanan darah sehingga membuat ginjal harus bekerja lebih keras.

Kurangi minuman manis dan bersoda

Minuman manis dan bersoda sangat berkaitan dengan diet dana masalah ginjal. Studi menunjukan bahwa orang yang sering mengonsumsi soda dan minuman manis memiliki gangguan fungsi ginjal walaupun tidak terlalu signifikan.

Banyak mengonsumi garam dan gula

Ketika kita mengonumsi terlalu banyak garam dan gula tersebut, ginjal akan bekerja lebih keras dalam memprosesnnya. Belum lagi gula dapat menyebabkan kegemukan selain itu bisa meningkatkan risiko diabetes yang memicu gagal ginjal.

Terlalu banyak makan daging

Protein yang ada di dalam daging memang bagus, namun jika di konsumsi secara berlebihan akan menyebabkan acidosis, dimana suatu kondisi ginjalmu ga bisa menjaga keseimbangan dalam tubuh dan bisa menyebabkan masalah pencernaan akut. Jadi kamu harus mengonsumi daging, buah sayur yang seimbang.

YUK BERHENTI MEROKOK DEMI KESEHATAN KAMU!!

Berhenti merokok merupakan salah satu hal yang memang sulit di lakukan oleh setiap orang. apalagi jika seseorang itu sedang addict dengan merokok, pasti akan sangat sulit.

Ketika seseorang merokok, daya tahan tubuhnya pasti akan lebih lemah. Namun ketika kamu sedang mencoba untuk berenti merokok, daya tahan kamu akan membaik dengan sendirinya.

Di dalam kandungan rokok, terdapat zat aktif yang bikin orang kecanduan, bahannya itu adalah nikotin.

Nikotin ini bisa ditemui di tumbuhan tembakau, bahan ini pun hampir setara dengan bahan adiktif lainnya seperti heroin atau kokain.

Makanya ga heran ketika kamu merokok sekali, bakal bikin kecanduan karena nekton bisa memengaruhi kinerja otak sehingga bisa membuat ketergantungan.

Nikotin ini akan memicu peningkatan hormone dopamim pada otak, disisi lain ketika hormone ini meningkat akan menurunkan encim monoamineoxidase dimana enzim ini berfungsi untuk menurunkan kadar dopamim.

Tips Berhenti Merokok

Kalau kamu udah menghabiskan satu batang rokok, nikotin yang ada di dalamnya akan membuat perasaan senang, tenang, rileks.

Namun ketika kamu sudah berehenti merokok, kadan nikotin di dalam tubuh akan menurun sehingga menyebabkan kamu ingin merokok kembali. Karena perasaan itu akan muncul dan hilang seketika, itupun aku terus berlanjut.

Untuk kamu yang perokok aktif, untuk melakukan hal yang menjadi kebiasaan setiap harinya itu pasti ga gampang.

Terlebih itu adalah hal yang sangat mustahil untuk di lakukan. Apalagi kalau misalnya kamu sedang nongkrong dengan teman-teman, kamu tidak merokok namun yang lain pada merokok pasti itu godaan banget.

Tapi ga salahnya kok kalau kamu mau coba untuk berhenti merokok, itu bagus banget selain untuk kesehatan diri sendiri juga untuk oranglain.

Nah dibawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukin untuk kamu yang kesulitan dalam berhenti merokok

1.Niat dan tekad yang kuat

Sebenernya kamu sudah tau apa bahaya merokok, tapi kenapa masih di lakukan ya? nah untuk itu kamu harus berkomitmen pada diri kamu sendiri untuk berhenti merokok, setidaknya jangan langsung berhenti juga sih karena itu akan susah.

Dimulai dari hal kecil dulu misalnya kamu mengurangi intensitas merokoknya, misalnya dalam sehari kamu bisa menghabiskan satu bungkus rokok, kamu kurangi secara perlahan misalnya jadi setengah bungkus.

Dengan begitu kamu akan menjadi terbiasa melakukannya, semua itu proses dan kalau kamu yakin pada dirimu sendiri pasti bisa kok.

2.Cari kesibukan

Mungkin beberapa dari kalian yang merasa sedang banyak pikiran atau sedang stress karena tekanan kerjaan, dengan merokok pasti kamu akan menjadi lebih rileks.

Namun hal ini akan salah, karena yang ada jika kamu sudah sekali merokok akan terus-terusan.

Kalau kamu ga tahan mulut kosong, cobalah ganti dengan memakan ermen karet atau ngemil dengan mkanan yang lain.

3.Minta dukungan

Dukungan orang sekitar itu sih paling penting ya. Karena kalau kita tipe orang yang gampang kebawa oleh lingkungan, gampang sekali ke distractnya.

Untuk itu kamu perlu meminta kepada teman-teman lingkungan untuk tidak merokok secara dekat. Jangan merasa sungkan ya untuk memintanya, gapapa kok kan buat kebaikan bersama juga.

4.Ingat kenapa alasan kenapa berhenti merokok

Biasanya orang yang sudah terserang penyakit atau misalnya mengalami sakit batuk yang tidak kunjung sembuh, biasanya orang tersebut dapat hidayah untuk berhenti merokok.

Karena beberapa orang juga pasti pernah mengalami hal tersebut. Disisi lain orang tersebut pasti akan merasa kapok jika mereka sudah merasakan sakit.

Kamupun harus selalu ingat, apa sih alasan kamu berhenti merokok. Buat alasan yang kuat untuk kamu berhenti merokok dan jadikanlah motivasi.