KEBIASAAN SEPELE YANG BURUK UNTUK KESEHATAN

Ginjal salah satu organ yang penting dalam tubuh. Selain untuk mendetoksifikasi organ internal, ginjal juga bisa berperan untuk membantu memproduksi sel darah merah, selain tu bisa mengatur tekanan darah, dan berfungsi untuk membuang kelebihan cairan untuk mengontrol level segala macam mineral yang ada di dalam darah.

Kemudian ginjal juga berfungsi untuk mengandlikan keasaman di dalam tubuh. Karena ginjal terdapat dua bagian, kalau ginjalmu hanya berfungsi satu itu sangat bahaya sekali bahkan bisa mengancam hidupmu. Makanya kita harus peka untuk menjaga tubuh agar serlalu sehat dan semuanya masih bisa berfungsi dengan baik. Juga kamu pun harus menghindari aktivitas buruk yang berpotensi untuk mengancam kesahatan tubuh terutama ginjal.

Lalu apa saja sih hal sepele namun bisa berakibat buruk? simak dulu yuk!

Menahan pipis

Sepertinya ini hal sepele yang biasa orang banyak lakukan dengan alasan tidak bisa pipis di sembarang tempat. Namun ketika kamu menahan pipis dalam waktu yang lama, pipismu akan berada di kandung kemih dan bisa memancing pertumbuhan bakteri. Kalau hal ini menjadi kebiasaan, cepatlah ubah kebiasaan tersebut karena bisa membuat batu ginjal.

Duduk dalam waktu yang lama

Duduk yang lama hingga 8 jam sehari tanpa ada pergerakan atau berdiri sangat berisiko terhadap penyakit ginjal. Lagian duduku terlalu lama pun pasti akan terasa lelah walaupun kamu ga ngapa-ngapain. Makanya lebih baik sesekali untuk stretching ketika memang sudah terasa tidak enak.

Konsumsi banyak obat

Walaupun obat bisa mengobati beberapa penyakit dan sebagai anti inflamasi, namun kalau penggunaan ini dilakukan secara terus menerus akan memicu gagal ginjal.

Kurang minum air

Selain untuk tubuh kita tetap terhidrasi, dengan banyak minum pun akan meningkatkan kesehatan ginjal. Berbeda halnya dengan jarang minum air putih, urin yang keluar pun terlihat lebih gelap.

Olahraga yang berlebihan

Kamu pasti tau kemampuan dan intensitas dalam berolahraga sebesar apa, namun ketika sudah terlalu nyaman kamu pun ga akan sadar kalau hal itu sudah berlebihan. Hal ini akan menyebabkan rhabdomyolysis dimana kondisi otot akan terlalu dan serat yang mati bisa masuk ke aliran darah. Hal inipun bisa menyebabkan gagal ginjal dan komplikasi.

Sering begadang

Mulai sekarang coba kamu perbaiki pola tidur jangan begadang tiap hari apalagi tidur ketika waktu subuh. Karena jadwal bangun dan tidur punya bagian dalam fungsi ginjal. Ketika kurang tidur akan menyebabkan atherosclerosis atau penyumbatan arteri dan bisa berakibat peningkatan tekanan darah sehingga membuat ginjal harus bekerja lebih keras.

Kurangi minuman manis dan bersoda

Minuman manis dan bersoda sangat berkaitan dengan diet dana masalah ginjal. Studi menunjukan bahwa orang yang sering mengonsumsi soda dan minuman manis memiliki gangguan fungsi ginjal walaupun tidak terlalu signifikan.

Banyak mengonsumi garam dan gula

Ketika kita mengonumsi terlalu banyak garam dan gula tersebut, ginjal akan bekerja lebih keras dalam memprosesnnya. Belum lagi gula dapat menyebabkan kegemukan selain itu bisa meningkatkan risiko diabetes yang memicu gagal ginjal.

Terlalu banyak makan daging

Protein yang ada di dalam daging memang bagus, namun jika di konsumsi secara berlebihan akan menyebabkan acidosis, dimana suatu kondisi ginjalmu ga bisa menjaga keseimbangan dalam tubuh dan bisa menyebabkan masalah pencernaan akut. Jadi kamu harus mengonsumi daging, buah sayur yang seimbang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *