TERNYATA ADA KERUGIAN JIKA KITA MEMBIASAKAN MAKAN MALAM


Makan malam yang telat atau terlalu larut ternyata ga baik loh untuk kesehatan. Apabila kebiasaan ini terus menerus di lakukan, kamu harus mulai hentikan dari sekarang.

Pada dasarnya manusia akan makan sehari 3 kali di waktu sarapan, siang dan malam. Ada juga beberapa orang yang ga sarapan tapi malah biasanya dia akan banyak mengemil di waktu lain.

Banyak alasan yang bisa digunakan ketika kita mengulur waktu makan malam. Mulai dari lupa, banyak kerjaan yang harus dilakukan, menonton bola saat tengah malam dan alasan yang lainnya membuat orang tersebut rela untuk begadang sampai tengah malam.

Dengan kebiasaan tersebut, otomatis pola makan ita akan berantakan dan mau gam au ketika ketika lapar dengar malam, kita pasti akan makan.

Nah kebiasaan buruk ini akan berpotensi membuat kenaikan berat badan yang ga sehat.

Kerugian Makan Malam

Saat malam hari, organ-organ yang ada di tubuh kita ga akan bekerja se-aktif di siang hari, bahkan mungkin ada organ yang ga bekerja sama sekali.

Hal ini akan membuat kalori yang masuk ga akan sempat terbakar. Makanya kamu pernah denger ga bahwa kalau kita makan malam, kita harus tidur 3 jam setelahnya.

Karena kalori yang ga kebakar ini akan diubah menjadi trigliserida dan kemudian akan meingkatkan kada lemak di tubuh.

Dengan demikian kondisi ini akan membuat kita menjadiobesitas, serangan jantung bahkan stroke.

Kita harus bisa mengatur pola hidup dengan makan di waktu yang pas, agar tubuh dan berat badan ideal bisa selalu terjaga.

Kalau kamu ga bisa menjaganya kamu bisa mengalami kegemukan, dan beberapa penyakit lainnya seperti:

1.Serangan jantung

Jika kamu sering makan malam, selain menyebabkan kegemukan kamu juga akan rentan terkena serangan jantung.

Menurut penelitian, jika makan malam terlalu larut akan memberikan faktor yang besar terkena serangan jantung.

Pada dasarnya kita harus bisa menentukan ideal dan waktu makan seperti pentingnya dengan asupan apa yang masuk ke dalam tubuh.

Kalau kamu merasa lapar dan ingin makan di malam hari, kalau bisa jangan dengan jumlah porsi yang banyak.

2.Terserang diabetes

Penyebab dari makan terlalu malam selain serangan jantung, kamu juga bisa terserang diabetes.

Gula dan insulin akan mengaalmi kesulitan saat berinteraksi satu sama lain  Karena tingkat bahayanya dari penyakit ini sangat tinggi di dunia.

3.Menurunnya kualitas dalam mengingat

Katanya kalau kamu sering makan malam, kemampuan kamu dalam mengingat akan turun. Bener gak sih? karena sebuah penelitian pernah menguji pada sebuah tikus dan sudah terbukti benar.

4.Sulit untuk berkonsentrasi

Makan malam ternyata bisa membuat kamu sulit bahkan kehilangan konsentrasi. Efekdari makan malam ini akan mempengaruhi pada perilaku otak dan fisiologi.

Kamu akan merasa sulit berkonsentrasi dalam belajar ditambah lagi dengan menurunnya kuliatas dalam mengingat, fatal banget kan?

5.Asam lambung naik

Ketika kamu berniat untuk makan malam, jangan lupa berikan waktu 3 jam antara makan dan tidur.

Setidaknya makanan yang masuk akan ada yang diproses walaupun tidak akan se complex pada siang hari. hal ini harus dilakukan untuk menghindari asam lambung naik.

Jika makan terlalu banyak minyak, kangunan makan yang tinggi akan lemak akan mudah terkena risiko asam lambung naik.

Ubah kebiasaan malam kamu untuk makan malam akan terhindar dari penyakit-penyakit di atas. Kamu bisa makan malam maximal pada jam 7.

Atau jika kamu terasa sangat lapar di tengah malam, kamu bisa menggantinya dengan minum yang banyak agar rasa lapar itu hilang. Nah mulai sekarang, harus diatur ya makannya!