Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

Setelah melalui aktifitas dari pagi sampai malam hari, tentunya tubuh membutuhkan istrahat. Tubuhmu tidak bisa dipaksa untuk terus bekerja atau mendapatkan jatah tidur sedikit dan tidak sesuai dengan porsinya. Karena bisa mengakibatkan beberapa dampak buruk yang sangat berbahaya dan bahkan fatal pada Anda. Adapun dampak buruknya seperti :

5 Bahaya & Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Tubuh

Bahaya Kurang Tidur Bagi Tubuh

  • Tidak fokus

Tingkat fokus Anda bisa berkurang, karena tubuh kurang istrahat sehingga sistem otak juga tidak bisa berfungsi dengan maksimal. Tubuh lemah membuat mekanisme pada seluruh anggota tubuh dan otot mu mengalami penurunan fungsi.

  • Lemah, dan sering sakit

Kurang nya tenaga bisa disebabkan dari kurang tidur juga. Tubuh mu sudah terlalu lelah dan kurang mendapatkan jam tidur sesuai kebutuhannya. Sehingga membuat seluruh tubuh mu menjadi lemas, energi yang Anda dapatkan tidak sebanyak jika tidur dengan pola yang normal.

  • Performa seks menurun

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pria dan wanita yang kurang tidur akan mengalami penurunan hasrat untuk melakukan hubungan seksual dan memiliki tingkat kepuasan seksual yang lebih rendah. Bagi pria yang menderita sleep apnea, kondisi ini dapat memengaruhi kadar hormon testosteron dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan masalah disfungsi ereksi.

Baca Juga : Bahan Alami Untuk Kesehatan Paru-paru

  • Membuat kulit kusam dan penuaan lebih cepat

Karena kurang tidur, kulit menjadi pucat, mata membengkak dan muncul lingkaran hitam di bawah mata. Selain proses regenarasi kulit tidak bisa berjalan dengan baik, aliran darah yang rendah memnbuat kulit pada wajah mua menjadi kusam dan pucat.

  • Memicu timbulnya jerawat

Selain karena terpapar polusi dan debu, timbulnya jerawat di wajah dapat dipicu lantaran keseringan begadang. Ketika kurang tidur, kadar hormon kortisol akan meningkat. Produksi minyak di wajah pun semakin banyak dari biasanya dan mempercepat tumbuhnya jerawat.

  • Penyakit jantung

Kurang tidur juga bisa membahayakan jantung, terutama berkontribusi pada aterosklerosis. Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Cardiology tahun 2019 menyebut kurang tidur mengakibatkan penumpukan plak pada arteri atau aterosklerosis.